Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 mata kuliah yang dipelajari di fakultas kedokteran



Fakultas Kedokteran adalah salah satu fakultas yang paling diminati di Indonesia karena lulusannya sangat dibutuhkan di masyarakat. Seorang mahasiswa kedokteran harus mempelajari banyak mata kuliah yang berhubungan dengan ilmu kesehatan dan kedokteran. Berikut adalah 10 mata kuliah yang dipelajari di fakultas kedokteran:

  1. Anatomi: Mata kuliah ini mempelajari struktur tubuh manusia, baik itu organ dalam maupun luar, sistem saraf, pembuluh darah, dan tulang.

  2. Fisiologi: Mata kuliah ini mempelajari fungsi tubuh manusia, seperti sistem pencernaan, pernapasan, dan sirkulasi darah.

  3. Patologi: Mata kuliah ini mempelajari tentang penyakit dan gangguan kesehatan yang muncul di dalam tubuh manusia, baik itu karena faktor genetik, lingkungan, atau perilaku.

  4. Farmakologi: Mata kuliah ini mempelajari tentang obat-obatan dan bagaimana cara kerjanya di dalam tubuh manusia.

  5. Mikrobiologi: Mata kuliah ini mempelajari tentang mikroorganisme yang ada di dalam tubuh manusia, baik itu yang bersifat baik maupun buruk.

  6. Epidemiologi: Mata kuliah ini mempelajari tentang penyebaran dan pengendalian penyakit di dalam populasi manusia.

  7. Kedokteran Keluarga: Mata kuliah ini mempelajari tentang pencegahan dan pengobatan penyakit di tingkat keluarga.

  8. Kedokteran Forensik: Mata kuliah ini mempelajari tentang aplikasi ilmu kedokteran dalam proses hukum, seperti identifikasi korban, penyebab kematian, dan penentuan tanggung jawab.

  9. Radiologi: Mata kuliah ini mempelajari tentang teknologi pengambilan gambar diagnostik, seperti X-ray, CT scan, dan MRI.

  10. Bedah: Mata kuliah ini mempelajari tentang prosedur bedah dan intervensi medis, baik itu di bidang ortopedi, plastik, maupun bedah umum.

Mata kuliah di atas hanya sebagian kecil dari yang dipelajari di fakultas kedokteran. Selain itu, terdapat juga mata kuliah yang berhubungan dengan keterampilan medis seperti komunikasi dengan pasien, etika medis, dan manajemen klinik. Semua mata kuliah tersebut penting untuk mempersiapkan mahasiswa kedokteran menjadi tenaga medis yang berkualitas dan profesional.

Post a Comment for " 10 mata kuliah yang dipelajari di fakultas kedokteran"