Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Mata Kuliah Kedokteran S1




Apa saja mata kuliah kedokteran yang harus diambil oleh mahasiswa kedokteran? Sebelum memutuskan untuk berkuliah di jurusan kedokteran, ada baiknya Kamu mencari tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Kamu harus mengenal lebih dekat tentang jurusan yang akan Kamu pilih.
Jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan terfavorit dan terpopuler di Indonesia. Banyak pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di jurusan ini dan bekerja menjadi dokter. Bagi Kamu yang tertarik belajar di jurusan kedokteran, berikut 10 mata kuliah kedokteran yang perlu Kamu tahu :

1. Anatomi
Anatomi menjadi salah satu jenis mata kuliah wajib yang harus dipelajari oleh mahasiswa kedokteran. Anatomi mempelajari tentang susunan bagian tubuh dan organ dalam tubuh manusia yang harus dipahami oleh seorang calon dokter.

2. Biologi Seluler
Biologi seluler juga merupakan salah satu jenis ilmu yang sangat penting di dunia kedokteran. Dalam mata kuliah ini Kamu akan mempelajari ilmu biologi di tingkat seluler atau sel pembentuk tubuh manusia.

3. Genetika
Mata kuliah genetika merupakan mata kuliah yang mempelajari ilmu genetika atau penurunan gen pada manusia. Calon dokter tentu saja harus memahami dengan baik mengenai ilmu genetika.

4. Metabolisme & Energi
Metabolisme & energi adalah salah satu jenis mata kuliah di jurusan ilmu kedokteran. Di mata kuliah ini Kamu akan belajar tentang sistem metabolisme tubuh dan energi yang dihasilkan oleh tubuh.

5. Kardiovaskuler
Kardiovaskuler merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang sistem kerja jantung dan pembuluh darah dalam tubuh. Ilmu yang satu ini juga sangat penting di dunia kedokteran dan harus dipahami dengan baik oleh calon dokter.

6. Reproduksi
Sistem reproduksi juga menjadi salah satu ilmu yang harus dikuasai oleh mahasiswa kedokteran. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang organ serta sistem reproduksi dalam tubuh manusia.

7. Gastrointestinal
Gastrointestinal merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang organ pencernaan meliputi lambung dan usus pada tubuh manusia. Di sini Kamu juga akan belajar sistem pencernaan yang ada di tubuh manusia.

8. Respiratorius
Respiratorius adalah mata kuliah yang mempelajari tentang sistem pernapasan atau respirasi dalam tubuh. Mahasiswa kedokteran tentu harus mempelajari organ serta sistem pernapasan dalam tubuh manusia dengan baik.

9. Ilmu Bedah

Calon dokter juga harus mendapatkan pengetahuan dasar mengenai ilmu bedah. Meskipun belum tentu menjadi ahli bedah di masa depan nanti, namun mahasiswa kedokteran juga perlu memiliki pengetahuan mengenai ilmu bedah.

10. Ilmu Penyakit Dalam
Mata kuliah ilmu penyakit dalam akan mempelajari tentang beragam jenis penyakit dalam serta bagaimana cara mengatasinya. Mata kuliah yang satu ini merupakan salah satu bekal ilmu penting yang harus dimiliki mahasiswa kedokteran.

Selain 10 mata kuliah ini, masih ada banyak lagi mata kuliah kedokteran yang perlu Kamu ketahui. Pastikan Kamu mengenali semua jenis mata kuliah dengan baik supaya lebih yakin memilih jurusan kedokteran ini.

Post a Comment for "10 Mata Kuliah Kedokteran S1"